Jumat, 11 November 2016

Catatan Rilis Perdana: CSL "Harvard - University of Jember" (11-11-2016)

Bismillahirrahmaanirrahiim,

Ringkasan Rilis

Pada hari ini, Jumat 11 November 2016, kami merilis perdana (soft launching) CSL Style untuk Universitas Jember (UNEJ) yang diberi nama "Harvard - University of Jember" Style. CSL Style (pengaya) ini dikembangkan berdasarkan Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Universitas Jember Tahun 2016. Pengaya ini akan membantu pengguna reference manager atau civitas akademika di UNEJ untuk mengotomasi pencantuman acuan (citation) dan daftar pustaka (bibliography). Penggunaan pengaya ini akan lebih menjamin konsistensi penulisan karya ilmiah atau kesesuaiannya dengan aturan penulisan yang dianut oleh UNEJ. Meskipun demikian, CSL Style ini masih jauh dari sempurna. Kami mengharap masukan demi penyempurnaan pengaya ini, kontribusi langsung ke kode akan sangat diharapkan juga.

Kompatibilitas pengaya

Berkas CSL Style ini telah divalidasi menggunakan webapp validator.citationstyles.org. Pengujian fungsionalitasnya (membuat acuan dan daftar pustaka) menggunakan sistem sebagai berikut:
  • OS: Windows 8.1
  • Aplikasi office:
  • Reference manager: Mendeley Desktop 1.16.3

Pengembangan Lanjut

Kode permrograman CSL Style telah diunggah ke repositori terbuka Github. Calon kontributor bisa mengaksesnya di github/bawontriatmoko/unej-style. Pengembangan kode ditangani melalui platform github ini. CSL Style ini dirilis dengan lisensi CC BY-SA 3.0. Every contribution counts!.

Unduhan

Berkas CSL Style terbaru dapat diunduh (download) melalui klik link ini.

Lain-Lain

  • Sementara, CSL Style ini ditujukan penggunaannya di Mendeley. Program Zotero menggunakan bahasa CSL yang sama sehingga kemungkinan besar kompatibel. Pengguna Zotero kami harapkan mencoba dan memberikan masukannya.
  • Penggunaan pengaya ini oleh pengguna adalah tanggung jawab masing-masing. Resiko apapun (langsung maupun tidak langsung) akibat penggunaan pengaya ini ditanggung pengguna sendiri. Sejauh ini tidak ada laporan mengenai kerusakan akibat pemakaian pengaya ini atau pengaya sejenis. Namun demikian, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan maka jika ragu hendaklah berkonsultasi dengan orang yang anda percayai.
  • Pertanyaan atau diskusi tentang CSL Style Harvard - University of Jember ini dilayani melalui grup Mendeley Universitas Jember.